si penggenggam dunia 

by eliabarasila

wp-image-503057833jpg.jpg

hanya ilustrasi: aku memegang anakku. lokasi Belitong Island

Aku selalu menganggap ibu adalah si penggenggam dunia.  Karena di tangan kaum wanitalah baik buruknya dunia ini.

 

Kaum wanitalah yang menentukan. Dalam rumah tangga, wanitalah yang menentukan keluarga itu akan bahagia atau tidak. Bahkan ia juga yang akan menentukan keluarga itu mau ke neraka atau ke surga. Begitulah kekuatan perempuan. Meskipun ia makhluk yang lemah lembut, tapi sebenarnya  dia lah yang sangat kuat.

Dengan kelemah lembutannya itulah ia akan menggiring suaminya ke arah yang ia mau, baik ataupun buruk. Justru jika ia melawan fitrahnya, menjadi makhluk yang kasar dan tidak punya kelembutan, maka kemampuannya menguasai akan hilang, sirna.

Nah, sekarang apabila pemikiran wanita itu baik, salihah, maka begitulah ia akan mengajarkan anak-anak nya. Anak-anak yang notabene adalah generasi penerus. Jika si ibu tidak bisa menanamkan nilai dan pemikiran- pemikiran yang baik, maka rusak lah dunia ini dengan generasi muda penghancur.

Bagaimana jika ia punya pasangan hidup yang jahat atau nyeleneh, tidak baik ataupun buruk laku? akan kah ia bisa membawa keluarganya ke kebahagiaan dunia dan akhirat?  Jawabnya, ya jelas dong… selama dia tidak mengikuti kelakuan buruk suaminya, maka dia lah yang akan membawa pembaharuan buat keluarganya. Dan itupun tetap dengan kelembutan. Dan ingat kita masih punya satu alat lagi, yaitu doa.  Dengan kesabaran, kelembutan dan doa.. insyaAllah masih ada jalan.

Bagaimana kalau suaminya tetap jahat dan bahkan menyekutukan Allah?

Jadi teringat dengan Asiyah, istri Firaun. Ya, itu adalah contoh ekstrim. Bayangkan bersuamikan penguasa negeri, bahkan mengaku dirinya sebagai tuhan, Asiyah masih dapat rumah di surga berkat kesabaran dan doa yang tak putus ia panjatkan.  kira-kira bunyi doanya seperti ini.

“Rabbi abni ngindaka baitan fill jannah, wa najjini  min firaun wa amalihi”

yang artinya : Ya Tuhanku, berikan aku rumah di surga, dan jauhkanlah aku dari firaun dan segala perbuatan jahatnya.

Doa ini ada di Al-Quran, cuman aku lupa ya di surah mana, nanti kalau sudah tahu aku update ya.

So kaum wanita… bergembiralah, karena engkaulah si penggenggam dunia.

 

 

 

 

Advertisements