Semakin Tua Semakin Berlemak

by eliabarasila

Tahukah kenapa seiring bertambah usia, badan kita cenderung untuk menumpuk lemak?
Menurunnya seluruh fungsi metabolism tubuh kita, mungkin bisa menjawab pertanyaan di atas. Metabolisme lemak dan karbohidrat yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan energi. Sedangkann protein selain menghasilkan energi, tujuan pokoknya adalah untuk membentuk sel-sel tubuh dan mengganti sel- sel yang sudah rusak.

L glutamine merupakan bahan bakar utama di dalam sel tubuh kita, bahkan dia bereaksi di tingkat yg lebih kecil lagi yaitu di dalam mitokrondia. Karena itu dia disebut juga sebagai “fuel respiratory” dalam sel.
L glutamine merupakan 1 dari 20 asam amino non esensial. Dikatakan non esensial karena tubuh kita bisa memproduksi sendiri zat-zat tersebut. Tapi, pada kondisi-kondisi tertentu seperti : latihan fisik yg intensif, gangguan pencernaan, trauma fisik berat, operasi berat, dan pasien pasien dengan luka bakar luas, L glutamin menjadi esensial

Di dalam tubuh kita, l glutamin berfungsi , antara lain :
– Sintesis protein
– Pengaturan asam dan basa di dalam ginjal
– sebagai energi selular di samping glukosa
– memberikan Nitrogen untuk proses anabolik, seperti sintesis purine yg merupakan bahan dasar DNA dan RNA (keduanya adalah matrix kode-kode genetik)
– memberikan gugus Carbon yg diperlukan dalam siklus asam sitrat yg merupakan siklus lingkaran penghasil energi di dalam mitokondria.

Pembentukan L glutamin 90% terjadi di otot, selebihnya terjadi di paru-paru dan otak. Glutamin dipakai antara lain di sel-sel usus, sedangkan sel-sel ginjal menggunakannya untuk mengatur keseimbangan asam basa. Selain itu glutamin juga dipakai dalam aktivasi sel-sel imun atau sel- sel pertahanan tubuh.

Kembali ke pertanyaan di atas, kenapa badan kita cenderung menumpuk lemak seiring dengan bertambahnya usia?
Mencapai usia 20 tahun produksi L-glutamin dalam tubuh kita mencapai 80-100%, dengan bertambahnya usia, produksi L-glutamin akan menurun. Hingga pada saat usia kita 60 tahun produksinya akan menurun hingga 20-40% dari produksinya dulu saat kita muda. Bisa dibayangkan apa yg terjadi saat itu dimana produksi energi kita tdk sebaik saat kita muda, kita akan merasa cepat lelah dan kurang bertenaga, Sumber-sumber energi yg kita dapatkan dari lemak dan karbohidrat tidak bisa secara sempurna menjadi energi (tenaga), melainkan disimpan di badan dalam bentuk jaringan lemak. Jadi bertambah empuklah badan kita. Laki-laki terutama akan terlihat pada perutnya, sedangkan wanita akan terlihat jelas pada lengan atas. Yang paling menakutkan lemak-lemak itu akan menyelimuti organ dalam kita, seperti pada jantung dan liver. Dari hasil penelitian medis, pemakaian l glutamin akan menurunkan lemak 6-7 % lemak tubuh.

Bagaimana dengan sel-sel tubuh kita yg lainnya, seperti sel-sel kulit, ataupun sel kolagen yg menjaga kelenturan kulit kita. Karena pembentukan dinding selnya terganggu, maka kita bisa memperkirakan apa yg akan terjadi, kulit menjadi kendur dan keriput.

Pada kondisi-kondisi badan terkena infeksi, trauma berat seperti operasi, luka bakar dalam dan luas, kebutuhan L-glutamin akan meningkat. Penelitian para ahli di bidang medis telah membuktikan bahwa pemakaian L-glutamin pada pasien seperti tersebut di atas menurunkan lama hari rawat inapnya.

Selain itu penggunaan L-glutamin orally dapat meningkatkan human growth hormone (HGH) lewat stimulasi kelenjar pituitary di otak. Dimana peningkatan HGH mempunyai makna anti aging melalui proses reproduksi sel dan regenerasi pada manusia dan juga hewan.
Mudah2an pada kesempatan lain saya bisa menulis tentang kegunaan growth hormon dan dampaknya pada kesehatan.

Sumber L glutamin alami antara lain berasal dari hewani seperti : telur, ikan, daging, ayam. Dan yg berasal dari nabati: bayam, kol, peterseli.
Saat ini l glutamin sudah diproduksi secara luas dengan cara fermentasi dan dikemas dalam kaplet salut gula.

Daftar Pustaka :
1. En.wikipedia.org/wiki/Glutamine

2. Why is L-glutamine metabolism important to cells of the immune system in health, post injury, surgery or infection. In: J Nutr. 2001 Sept; 131 (9 Suppl); discussion 25235-45. www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11533304

3. Glutamine metabolism by lymphocytes, macrophages, and neutrophilis: its importance in health and disease. In: J Nutr Biochem 1999 Jun; 10(6):316-24. www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15539305

4. hyperphysics.phy.astr.gsu.edu/hbase/biology/tca.html

5. Michael Stumvoll, Gabriele Perriello,Christian Meyer, John Gerich. Role of Glutamine in human carbohydrate metabolism in kidney and other tissue. http://www.nature.com/ki/journal/v55/n3/fig_tab/4490640f1.html